HOLLYWOOD

Hollywood – Pusat Perfilman Dunia

Ilustrasi hollywood [klik untuk memperbesar]

Pelaku dunia hiburan, khususnya film, seperti sutradara, aktris, aktor, atau produser film dimanapun pasti tidak asing mendengar nama Hollywood. Ketenaran Hollywood dikalangan pelaku industri hiburan terutama film memang bukan hal yang mengherankan. Hollywood merupakan pusat perfilman dunia. Tidak berlebihan rasanya jika Hollywood disebut sebagai kiblat dari industri perfilman.

Hollywood sebenarnya tidak lebih dari sekadar distrik di wilayah Los Angeles, California. Hakikatnya, Hollywood tidak beda jauh dengan distrik-distrik yang banyak terdapat di Amerika Serikat. Hal yang membuat Hollywood berbeda dengan distrik-distrik lain di California adalah banyaknya sarana hiburan serta perindustrian film.

Perindustrian film sudah seperti identitas budaya dari distrik ini. Banyaknya studio film yang terdapat di distrik itu menjadikan Hollywood sebagai tempat impian bagi aktris dan aktor yang datang dari banyak negara. Eratnya hubungan antara industri perfilman dengan distrik di salah satu negara bagian Amerika ini seolah menjadi metonimi atau penyamaan konsep dari sinema Amerika.

Hollywood – Distrik Independen dan Batasan Wilayahnya

Hollywood seolah telah menciptakan dunianya sendiri. Identitas asli dari Hollywood seperti sudah sedikit tersamarkan. Hollywood yang sebenarnya adalah bagian dari Los Angeles perlahan mulai ditanyakan kebenarannya. Peraturan pemerintah setempat mengenai posisi Hollywood di atas peta pun mulai menjadi buah bibir.

Pada 2005 lalu, dua orang anggota Majelis California, Jackie Goldberg dan Paulus Koretz memperkenalkan sebuah rancangan undang-undang yang menyatakan bahwa Hollywood  adalah distrik yang “seolah-olah” independen. Berdasarkan rancangan undang-undang itu, batasan wilayah antara Hollywood dengan distrik lain di Los Angeles harus semakin diperjelas.

Daerah batasan Hollywood pun sudah ditetapkan. Sebelah timur berbatasan dengan West Hollywood, bagian selatan berbatasan dengan Mulholland Drive, Laurel Canyon, Cahuenga Boulevard, Barham Boulevard, serta kota Burbank dan Glendale, sebelah utara berbatasan dengan Melrose Avenue dan bagian barat Hollywood berbatasan langsung dengan Golden State Freeway.

Meskipun secara wilayah sudah berdiri independen, Hollywood tetap  sebuah distrik yang istimewa. Keistimewaan tersebut bahkan membuat Hollywood tidak memiliki pemerintahanya sendiri. Sistem pemerintahan di distrik itu tidak dijalankan oleh pihak pemerintah. Kalaupun ada, Walikota Hollywood dibutuhkan hanya untuk upacara-upacara tertentu atau meresmikan sesuatu.

Hollywood – Awal Cerita

Nama Hollywood diciptakan oleh HJ Whitley. Ia membeli tanah pada 1853 di wilayah ini awalnya untuk peternakan. Pembelian tanah oleh HJ Whitley diketahui oleh orang banyak. Salah satunya adalah Mrs Daeida Wilcox. Daeida Wilcox kemudian ikut antusias dalam mengelola tanah tersebut.

Bangunan pertama di Hollywood sama sekali tidak ada hubungannya dengan industri perfilman. Whitley beserta penggelola lahan Hollywood membuka sebuah kantor pos, kantor surat kabar, hotel dan pasar. Tanah Hollywood juga ditanami dengan berbagai tanaman seperti pohon buah anggur, gandum, dan jeruk. Hollywood sama seperti distrik-distrik lain.

Whitley kemudian mengembangkan wilayahnya dengan membangun sebuah hotel yang hingga kini masih terkenal, hotel tersebut bernama Hotel Hollywood. Sebagai hotel terbesar pertama yang dibangun di tanah Hollywood, hotel ini mendapat sambutan yang luar biasa. Hotel ini terkenal hingga mancanegara. Hotel inipun sering dijadikan tempat menginap bagi bintang-bintang film zaman dulu.

Hollywood dan Perfilman Dunia

Pembangunan Hotel Hollywood tersebut menjadi asal mula berkembangnya insutri hiburan di Hollywood. Perlahan tapi pasti, studio-studio film banyak didirikan oleh investor asing yang datang dari berbagai wilayah di Amerika.

Studio pertama di Hollywood didirikan oleh Co Centaur New Jersey-based. Mereka mendirikan Nestor Studio pada 1912. Film pertama yang dibuat di studio pertama Hollywood berjudul The Man Squaw. Film ini diproduksi pada 1914.

Hadirnya studio ini memancing pengusaha lain untuk ikut mendirikan studionya di Hollywood. Mereka yang kemudian menyusul adalah Paramount, Warner Bros, RKO dan Columbia. Sejak 1920, Hollywood sudah menjadi pusat perfilman dunia.

Hollywood terkenal dengan tulisan yang terpampang di atas Hollywood Hills. Sebuah tulisan “Hollywood” berwarna putih menjadi eksistensi dari wilayah itu, sekaligus sebagai simbol perfilman dunia dan para pelakunya.

Hollywood kini memiliki banyak sekali tempat hiburan. Tempat yang terkenal diantaranya Hollywood Walk of Fame dan Universal Studio. Bukan hanya itu, Hollywood juga memiliki beberapa tempat bersejarah yang hingga kini masih dilestarikan seperti The Kodak Theatre, Grauman’s Chinese Theatre, dan Grauman’s Egyptian Theatre.

Profesi Artis Hollywood Sebelum Terkenal

Madonna, Johnny Depp, Ashton Kutcher, Amy Adams dan Gwen Stefanie Populer sebagai Artis papan atas Hollywood yang sukses. Kehidupannya pun di hiasi dengan kemewahan dan harta yang melimpah. Namun, siapa yang mengira jika kehidupan masa lalu artis-artis Hollywood ini jauh dari kemewahan.

Untuk menghasilkan uang dan bertahan hidup, para artis Hollywood ini harus membanting tulang dan berkerja secara serabutan. Saebelum menjadi artis Hollywood, mereka menjalani hidup yang jauh dari kesan kemewahan. Tentu, kita semua ingin mengetahui apa pekerjaan mereka sebelum menjadi bintang Hollywood. Pekerjaan apakah yang mereka geluti sebelum menjadi artis Hollywood? Berikut ulasannya.

1. Ashton Kutcher

Aktor tampan Hollywood ini prnah menjadi tukang sapu lantai di sebuah pabrik sebelum menjadi seorang aktor tersohor. Asthon pun pernah belajar teknik biokimia sebelum marambah dunia akting dan model.

2. Johnny Depp

Semua orang pasti kenal dengan aktor Hollywood yang satu ini. Bisa dikatakan hampir semua film yang dibintangi Johnny Depp meraih kesuksesan dan berhasil menembus box office. Kehidupan mewahnya diperoleh tidak semudah yang diayangkan. Aktor Hollywood ini mangaku harus bekerja keras untuk manggapai kariernya seperti saat ini.

Ayah dua orang anak ini sempat bekerja di sebuah pom bensin untuk menghidupi dirinya dan ia pun sangat menikmati pekerjaan tersebut. beratnya kehidupan yang dijalani aktor Hollywood ini, membuat dirinya selalau berusaha hidup apa adanya dan sederhana. Depp dikenal sebagai aktor yang royal memberikan tip kepada para pelayan di restoran yang dikunjunginya.

3. Amy Adams

Artis Hollywood ini memutuskan untuk hidup mandiri setelah menyelesaikan sekolah menengah atas. Selanjutnya, ia mencari berbagai pekerjaan, yaitu ia pertama kali bekerja sebagai pelayan di sebuah restoran. Selebriti Hollywood ini mengaku sulit menjalankan profesinya sebagai pelayan. Ia pun melakukan pekerjaan itu hanya beberapa minggu.

Britney Spears – Nama Terseksi di Hollywood

Britney Spears disebut sebagai nama terseksi dari sekian banyak bintang Hollywood. Di sisi lain, bintang Hollywood ini hingga saat ini belum mempunyai hak asuh anak sejak berpisah dengan mentan suaminya, Kevin Federline. Tapi, penyanyi seksi ini akan terus memperjuangkan hak asuh untuk kedua anaknya, Sean Preston dan Jayden James.

Urutan kedua dan ketiaga nama artis terseksi di bawah Britney Spears adalah Halle Berry dan Angelina Jolie. Britney Spears berhasil meraih nama terseksi di Hollywood setelah berhasil kembali menemukan jati dirinya serta sipa mangasuh kedua buah hatinya lagi. Bintang-bintang Hollywood yang juga masuk sebagai nama-nama terseksi di antaranya adalah Jennifer Lopez, Monica Bellucci, Salma Hayek, Jessica Alba, dan lainl-lain.

Posted on Juli 15, 2012, in Film, HOME and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: