PERAHU KERTAS

Perahu Kertas Maudy Ayunda

Perahu Kertas Maudy Ayunda

Press Release – Perahu Kertas merupakan sebuah film yang diangkat dari novel ‘Perahu Kertas’ karangan Dewi Dee Lestari. Film dengan judul yang sama dengan novel nya ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo, mengutarakan sebuah kisah antara pelukis perempuan bernama Kugy dan pemusik lelaki bernama Keenan. Kugy dan Keenan merupakan sahabat, diam-diam mereka mempunyai rasa cinta kepada satu sama lain. Namun cinta yang tak terungkap itu  terlalu spesial dan tidak bisa dihilangkan begitu saja.

Maudy Ayunda berperan sebagai Kugy di film Perahu Kertas, ia pun didaulat untuk menyanyikan Original Theme Song (OST) nya. Lagu ini diciptakan oleh Dewi Dee Lestari, dan memang dirancang untuk mencerminkan kisah di novel dan filmnya.

“Lagu OST Perahu Kertas sebenarnya sudah cukup lama saya buat, kira-kira tahun 2009 sejak novel Perahu Kertas diterbitkan. Karena sejak awal Perahu Kertas dibesut oleh Bentang Pustaka, tawaran untuk memfilmkannya sudah sekaligus dilakukan oleh pihak Mizan Production. Dan sejak awal pula saya ingin membuatkan soundtrack utamanya. Lagu tersebut bercerita dari sudut pandang Kugy, tokoh utama perempuan dalam novel. Film Perahu Kertas juga memang bercerita dari sudut pandang Kugy, dan untuk itu saya membuat lirik yang menceritakan perasaannya, kegemarannya memakai perahu kertas sebagai medium untuknya bercerita, dsb. Saya membuat lagu tersebut cukup cepat, hanya sekitar 2-3 hari”. ,jelas Dewi ‘Dee’ Lestari

Musik di lagu ‘OST Perahu Kertas’ ini 90% didominasi oleh melody gitar akustik yang ditambah dengan alunan strings. Kekuatan lagu ini jelas terdapat pada liriknya yang tidak biasa, dan bagaimana lagu ini bis membawa emosi dengan sederhana, grande romantic! Maudy terpilih sebagai penyanyi lagu ini, karena lagu ini memakai point of view Kugy, seperti yang diungkapkan oleh Dewi Lestari:

“Pemilihan Maudy sebagai penyanyi memang adalah pilihan paling strategis, karena dialah pemeran Kugy dalam film. Menurut saya memang nasib baiknya film Perahu Kertas memiliki pemeran utama yang memang penyanyi. Jadi memang sudah klop.”

Proses rekaman lagu Perahu Kertas ini melibatkan Irvnat sebagai vocal director Maudy Ayunda. Setelah lagu ini rampung, Dewi Lestari pun langsung mereviewnya. Apa pendapat mba Dewi?

“Sejujurnya, saya cukup surprised. Banyak yang bilang, kalau lagu ciptaan saya itu susah-susah gampang dinyanyikan, terutama dari segi penghayatan, karena lirik saya biasanya sangat spesifik. Tapi, mungkin karena Maudy sendiri memerankan Kugy jadi dia tahu betul bagaimana emosi dan suasana hati Kugy, jadi dia membawakannya dengan sangat baik dan pas. Saya sangat suka hasilnya. Maudy punya kualitas innocent dalam vokalnya yang menurut saya sangat dibutuhkan oleh lagu Perahu Kertas “

Konsep video clipnya sangat berorientasi kepada Kugy dan Maudy Ayunda. Dengan penggalan-penggalan adegan film ‘Perahu Kertas’ ditambah dengan scenes Maudy sendrian sedang benyanyi dengan gitarnya di suatu pendopo gallery.

LIRIK: OST PERAHU KERTAS
Composed by DEWI DEE LESTARI
Published by PT TRINITY OPTIMA PRODUCTION
© TRINITY OPTIMA PRODUCTION 2012

Perahu kertasku kan melaju
Membawa surat cinta bagimu
Kata-kata yang sedikit gila
Tapi ini adanya

 Perahu kertas mengingatkanku
Beratapa ajaibnya hidup ini
Mencari-cari tambatan hati
Kau sahabatku sendiri

 Hidupkan lagi mimpi-mimpi
(cinta-cinta) cita-cita
Yang lama ku pendam sendiri
Berdua ku bisa percaya

 Reff:
Ku bahagia kau telah terlahir di dunia
Dan kau ada diantara milyaran manusia
Dan ku bisa dengan radarku menemukanmu

Tiada lagi yang mampu berdiri halangi rasaku
Cintaku padamu…

Posted on Juli 15, 2012, in HOME, Musik. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: